Membuat Kerajinan Tangan Menggunakan Kain

Gimana teman-teman dan Bunda-bunda di rumah udah pada praktek tutorial membuat kerajinan kain flanel 1 belum? Yang belum praktek, praktekin ya, gampang lho.
Nah sekarang saya pengen bagi-bagi ilmu lagi, masih memakai material kain flanel kok, jadi yang kemarin masih punya sisa-sia kain flanel bisa dimanfaatkan yaa.

Di tutorial membuat kerajinan kain flanel 2 ini saya akan mengajak bunda dan teman-teman semua untuk membuat bunga juga.

 

Alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat kerajinan kain flanel 2 ini sederhana banget :

1. Kain flanel, warna bebas (saya pakai dua warna untuk membuat layer)

2. Lem tembak

3. Gunting

4. Kancing warna-warni

5. Peniti bros

 

Kalau semua alat dan bahan udah siap, kita mulai bikin kerajinan tangannya..

Cara membuat:

1. Potong kain flanel memanjang (lihat gambar di atas), ukuran bebas ya tergantung pengen bikin bunga gede apa kecil, monggo di sesuaikan 🙂

2. Potong kain flanel membentuk lingkaran (ini akan kita pakai sebagai dasar tempat Sbobet situs judi bola online dan menyatukan bunganya)

3. Tempelkan salah satu ujung kain flanel yg telah di potong memanjang di bagian tengah lingkaran (lihat gambar)

4. Buat loop (lipat kain flanel sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian rekatkan dengan lem)

5. Potong kain flanel sisanya

6. Lakukan lagi langkah 3 dan 4 sampai memenuhi keliling lingkaran (lihat gambar)

7. Ambil kain flanel dengan warna berbeda yang telah kita potong memanjang tadi, lalu lakukan langkah 3 dan 4 (tempet di bagian atas an susun di sela-sela bunga yang bawah ya biar cantik)

8. Pasang kancing warna-warni di bagian tengah bunga sebagai hiasan

9. Pasang peniti bros di bagian belakang

10.Daaan jadilah bunga cantik kita

 

Membuat Kerajinan Kain Flanel 1

Kali ini saya akan mengajak untuk membuat kerajinan kain flanel bagian pertama. Di bagian pertama ini kita akan buat bunga sederhana. Caranya gampang banget, kita mulai aja yuuuk siapin bahan-bahannya dulu.

alat dan bahan yang kita butuhkan adalah:

1. Kain flanel atau kain felt (kalo bisa warna-warni yaa biar bisa bikin bunga aneka warna.
2. jarum jahit (ati-ati jauhkan dari jangkauan anak-anak.
3. Benang jahit (sesuaikan dengan warna kain flanelnya agar tidak terlihat.
4. Manik-manik, atau kancing warna-warni (ini akan kita pakai untuk bagian tengah bunga)
5. Lem tembak
6. Peniti bros
7. Gunting

 

Pertama: Potong kain flanel menjadi bentuk. Kedua: Jahit jelujur bagian bawahnya dari ujung ke ujung, setelah itu tarik hingga membentuk bunga. Ketiga: satukan bagian ujung yang satu ke ujung yang lain, jahit kuat-kuat sambil dirapikan. Keempat: potong kain flanel membentuk lingkaran kecil (untuk menutup bagian bawah bunga). Kelima: pasang manik-manik atau kancing hias ke bagian tengah bunga menggunakan lem tembak. Keenam: tempelkan kain flanel berbentuk lingkaran (point keempat) di bagian bawah bunga.

Kenali Kerajinan Tangan Dari Fungsinya

Pada artikel sebelumnya kalian sudah mengetahui mengenai adanya beberapa contoh dari adanya kerajinan tangan orang-orang Indonesia. Saat ini, yang kalian harus ketahui mengenai fungsi dari kerajinan tangan itu sendiri dan beberapa hal mendasar yang mendukung kerajinan tangan ini bisa berkembang cepat dengan sendirinya. Dari sini ada beberapa kerajinan yang memang memiliki adanya fungsi hias dengan berbagai macam keistimewaannya masing-masing.

Kerajinan tangan ini nantinya bisa menghasilkan adanya benda dengan memenuhi adanya nilai tertentu dari barang yang di buatnya tersebut. Biasanya memang kerajinan yang di buatan akan melihat adanya dasar dari nilai penghias atau keindahannya.

Kerajinan ini juga biasanya di buat dengan adanya bantuan bahan serta teknik yang sangatlah beragam sekali. Dan dari beberapa kerajinan itu yang biasa kalian temui adalah ukiran, patung, lukisan, miniature dan berbagai benda lainnya lagi.

Kenali Kerajinan Dari Fungsi Hiasnya

Dilihat dari dasarnya sendiri memilik 2 fungsi yang berbeda yakni ; fungsi untuk di gunakan dan fungsi untuk hias. Kalau mengenai fungsi dari kegunaan atau fungsi dari pakaian ini sendiri sudah sangat amat mengutamakan adanya kegunaan dari benda yang nantinya bisa dihasilkan tersebut. Jangan lupa juga, memiliki sebuah nilai estetika sebagai salah satu tambahan yang begitu menarik.

Untuk fungsi kerajinan hias ini sendiri lebih mengedapankan atau lebih mengutamakan sekali mengenai keindahan tanpa harus memperhatikan fungsi dari pemakaian barang-barang tersebut. Kerajinan dari fungsi hias ini sendiri memanglah di buat dengan semata-mata menjadi hiasan pada suatu benda ataupun pajangan yang nantinya akan di taruh di sebuah ruangan dengan memperhatikan adanya nilai estetika itu sendiri.

Nah, nilai estetika ini sendiri dalam fungsi hias sebagai bentuk , warna ragam hias yang ad sampai pada takaran atau komposisi di dalamnya. Dimana, semuanya di padu padankan menjadi sebuah produk hiasan yang terbuat dari 2 Dimensi ataupun juga pada 3 Dimensi.

Kerainan dari fungsi hia ini juga bisa nantinya untuk kalian modifikasi dengan sedemikian rupa agar nantinya bisa menciptakan nilai lebih daripada benda tersebut. Modifikasinya sendiri memang akan mengubah , menambah, menyederhanakan sebuah bentuk, memadu madankan adanya aneka bahan, mengatur semua komposisi warna, serta bisa menciptakan adanya karya baru yang nantinya bisa berbeda dari benda asalnya.

Bahan Pada Kerajinan Fungsi Hias

# Bahan-Bahan Alaminya

Untuk pertama kalian bisa tahu mengenai bahan alami yang menjadi bahan yang mudah kalian temui di alam luas, di daratan, di bawah tanah, atau juga di bawah laut. Bahan alam yang dimaksudkan ialah produk kerajinan yang diantaranya tanah liat, ada juga serat, bamboo, kayu, batu, kulit , ada juga logam ataupun menggunakan adanya kerang

Keunikan dari bahan alami ini juga secara langsung memiliki sebuah tekstur yang sudah halus dan juga elastis. Mengenai serat batang pisang, juga memiliki adnya tekstur kasar dan berwarna cokelat yang bergradasi. Kayunya ini memiliki sifat yang keras dan juga pastinya memiliki adanya warna.

Untuk bamboo rotan, sudah pasti adanya kelenturan dan juga kuat. Untuk kulit memberikan sebuah tekstur pada permukaannya yang memang sudah menarik dengan menampilkan ada berbagai macam aneka warna yang sangatlah indah. Contoh simple adalah : Patung yang dipahat dengan penggunaan batu alam.

# Bahan-Bahan Buatan

Untuk bahan buatan ini sendiri menjadi bahan yang sudah diolah langsung oleh manusia dengan menggunakan adanya bahan kimia dan juga beberapa campuran yang lainnya. Paduan ini sendiri menjadi bahan yang merupakan bentukan aplikasi dari bahan alami itu sendiri.

Nah, bahan dari buatan ini juga biasa untuk di gunakan sebagai bahan kerajinan fungsi hias diantara lainnya seperti halnya lilin, ada juga gips, sabun, ataupun adanya fiberglass. Keunikan yang memang di miliki oleh bahan buatan ini memiliki sebuah tekstur yang mudah sekali di bentuk dengan lembut. Misalnya saja dengan kerajinan patung dari gips atau juga lilin.

# Bahan-Bahan Dari Limbah

Selanjutnya, ada banyak sekali nih fungsi hias kerajinannya itu bisa terbuat dari bahan limbah. Dan bahan limbah ini sendiri sudah di bagi menjadi 2 jenis yakni organic dan juga anorganik. Mengenai limbah organic ini menjadi adanya limbah yang sangatlah mudah untuk bisa kalian uraikan. Misalnya nih kulit jagung, ada juga kertas ataupun kardus, jerami, sisik ikan, cangkang kerang ada pun yang berasal dari tempurung kelapa.

Sedangkan untuk bahan yang anorganik sendiri menjadi limbah yang sangat sulit ataupun bisa membusuk misalnya karet ban, plastic, kaleng, steorofoam, kaca serta logam dan tidak ketinggalan adanya pecahan keramik. Untuk contohnya sendiri bisa kalian lihat pada lukisan yang terbuat langsung dari sisik ikan, ataupun terdapat adanya bunga dari kulit jagung yang ada.

Unsur-Unsur Yang Terdapat Pada Kerajinan Fungsi Hias Tersebut

Nah, didalam kerajinan fungsi hias ini pun adanya keunikan bahan tersendiri yang sudah terdapat beberapa unsur penting yang memang membuat kerajinan fungsi hias yang memang sudah memiliki nilai jual dan juga seni. Dan dari semuanya itu terdapat unsur-unsur seperti :

# Unsur Keterampilan Tangan

Untuk unsur yang pertama ini adalah kalian menciptakan sebuah kerajinan fungsi hias yang memanglah memiliki sebuah nilai seni yang memanglah bisa untuk di perlukan adanya keterampilan tangan yang baik. nah, keterampilan ini sendiri sudah meliputi adanya perangkaian dan juga menyusun bahan-bahan kerajinan untuk bisa menjadi benda yang memanglah memiliki sebuah keterampilan dalam merangkai dan juga menyusun adanya bahan-bahan kerajinan yang menjadikan benda ini memiliki fungsi hias.

# Unsur Pada Seni Hiasnya

Untuk unsur kedua, sudah bisa masuk pada unsur hiasnya. Disini ada yang namanya Unsur Hias yang sudah dibuat dengan berbagai macam teknik seperti halnya ada Lukis, ada ukir, ataupun juga adanya cetak. Disini ada 2 jenis cara yang memanglah memiliki adanya penerapan unsur hiasan pada produk dari kerajinan yang pasti. Untuk unsur hiasan ini memakai hal pertama dengan adanya hiasan kepada permukaan produk yakni hiasan yang sudah di buat setelah adanya produk kerajinan yang nantinya selesai untuk di buat.

Lalu adanya hal yang kedua dimana ini menjadi fungsi hiasan yang sudah terstruktur dengan memiliki adanya bentuk sejak awal dari kerajinan yang di buat langsung hingga sampainya menyatu pada produk itu sendiri.

# Unsur Yang Melihat Estetikanya

Lalu yang terakhirnya bisa kalian ketahui bahwasannya Estetika didalam kerajinan fungsi hias ini sendiri bisa dilihat dari segala segi bentuk, warna dengan ragam hiasnya, dan juga pastinya tambah pad komposisinya. Pada produk kerajinan ini sendiri juga sudah di bentuk pada proporsi, komposisi, keseimbangannya serta kesatuannya yang dibantu dengan irama dari unsru ini sendiri. Kalian juga bisa kok memberikan pusat perhatian sehingga nantinya bisa untuk di hasilkan produk kerajinan yang sangatlah harmonis. Terdapat sebuah unsur estetika pada sebuah karya kerajinan yang bisa meningkatkan sebuah nilai pada produk kerajinannya tersebut.

Kerajinan Tangan Indonesia Ke Mata Dunia

Indonesia memberikan setiap para wisatawan untuk bisa menikmati hasil tangan dari masyarakat sekitar tempat wisata yang sedang di kunjungi oleh para turis tersebut. Yang dimana, kerajinan dari hasil karya tangan ini di buat dengan berbagai macam bentuk dan dengan berbagai macam bahan yang ada. Sudah pasti dong, bagi kalian yang tinggal di Indonesia sudah sangat paham produk local apa aja yang di perjual belikan untuk para wisatawan. Tapi, apakah kalian tahu produk mana saja yang berasal dari produk local dan berhasil di jual di pasar ekonomi luar negeri. Termasuk di beberapa Negara Romantis pun produk kerajinan tangan ini laku keras di luaran sana.

Sebagai seorang warga local, kalian jangan mau kalah juga dong untuk bisa mengenal kultur Indonesia serta beberapa produk yang ada di dekat kalian ini. nah, dalam hal ini mimin akan beritahu ke kalian beberapa produk kerajinan tangan dari Indonesia yang memang sudah di kenal baik di mata dunia ini. yuk langsung saja kalian cek di bawah ini mengenai beberapa contoh produk kultur khas Indonesia yang bisa kalian dapatkan ketika kalian melakukan travelling di Indonesia ini.

BERAGAM KERAJINAN TANGAN KARYA ORANG INDONESIA

~ Kerajinan Perak Ceruk

Kerajinan ini memiliki asal dari Bali.

Di bali ini sendiri memanglah sudah sangat terkenal menjadi sebuah kota yang sangatlah popular di kalangan para turis local. Disini pun masih sangat jarang sekali produk khas yang di ketahui selain itu pie dan juga adanya kaos barong yang merupakan ciri utama ketika kalian sedang berada di wilayah Bali.

Tapi, apa kalian tahu dengan kerajinan yang satu ini ?… dimana, kerajinan ini sendiri beranama Perak Ceruk , Bali. Yang menjadi salah satu produk logam khas Balinya yang sangatlah terkenal di kalangan para wisatawan namun, belum benar-benar mengetahui dengan pasti mengenai jenis kerajinan tangan ini bukan ?

Produk kerajinan tangan yang satu ini , menjadi produk dari Bali yang biasanya terdiri dari Anting, Kalung, lalu Bros, Gelang serta beberapa aksesoris lainnya. Hal yang membuat kerajinan tangan Perak Ceruk Bali ini laris di kalangan wisatawan ialah karena memiliki adanya bentuk ataupun motifnya yang sangatlah unik dari masing-masing barangnya.

~ Kerajinan Tas Rajut Dowa

Dimana kerajinan ini berasal langsung dari Yogyakarta.

Lanjut lagi memperkenalkan kerajinan tangan dari Indonesia yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan yakni Dowa. Produk ini sendiri sudah di buat sejak tahun 1989 di daerah Yogyakarta oleh seseorang yang bernama Delia Murwihartini. Yang dirinya di awal hanya ingin mencoba untuk merajut sesuatu barang saja.

Produknya sendiri meurpakan Handmade , dan dari sini pun tasnya tidak bisa di produksi dalam jumlah banyak di per minggunya. Tas rajut ini pun di berikan harga yang cukup mahal guys. Kurang lebihnya satu tas saja kalian harus mengeluarkan duit sebesar 200k saja.  Hal ini di karenakan, produknya sudah mulai di perkenalkan kepada para wisatawan yang dimana sudah terbukti oelh pembelian dari turis Swedia yang membeli sekitar 100 buah tas rajut untuk bisa di bawa pulang oleh turis tersebut.

Tas rajut Dowa ini memang cukup menarik banyaknya perhatian dikarenakan adanya sebuah kualitas bahan yang di gunakan bisa untuk menampung barang-barang yang memang cukuplah berat. Jika kalian yang penasaran, maka kalian bisa nih berwisata ke daerah tersebut untuk sekedar bisa merasakan tas rajutnya ini.

~ Bukan Pekalongan, Namun Batik Semarang

Kali ini berbicara mengenai Batik dari Semarang.

Ketika kalian dengar kata Batik pastinya kalian mikir Pekalongan, Jepara, Jogja dan beberapa tempat lainnya. Namun, kalian bisa nih coba merasakan Batik asal Semarang ini. mengenai popularitas batik saat ininya juga masih sangat amat meningkat. Banyak sudah orang-orang yang mulai menggunakan baju batik ini untuk bisa menghadiri acara apapun itu. Di mulai dari adanya jalan-jalan kasual sampai pada ke acara yang formal.

Salah satunya adalah hal yang membuat batik ini unik berdasarkan pada perbedaan motif yang memang sudah sesuai dengankhas daerahnya sendiri-sendiri. Salah satunya sendiri ialah Batik dari Semarang. Batik ini memiliki adanya ciri khas tersendiri dari berbagai macam seni coraknya.

Biasa dan paling umum sekali kalian banyak menemui adanya corak pohon asam dari Lawang Sewu ataupun Tugu Muda. Akan tetapi, batik dari Semarang ini juga memiliki adanya komplikasi motifbatik Jogja dengan Pesisir. Jika tidak percaya, bisa kalian cek di Olshop kalau kalian tidak percaya bahwa corak dari Motif Semarang ini banyak yang mencari.

~ Yuk Angkut Anyaman Tikar Pandan

Sesekali kalian mampir ke daerah Pulau Bawean.

Yang dimana jika kalian berkunjung ke Pulau Bawean ini yang berada di Jawa Timur. Kalian juga tidaklah boleh untuk lupa membeli produk khas kerajinan tangan yang sangatlah terkenal dengan Anyaman Tikar Pandan. Untuk Popularitas tikar anyaman pandan ini juga sedang menurun di kalangan warga local yang sudahlah tidak terlepas cukup di kalangan wisatawan baik secara local atau juga sampai di mancanegara.

Dari proses pembuatan anyaman ini juga tidak mudah untuk membutuhkan waktu sekitaran 2 minggu. Dan wlaaupun di buat secara manual sendiri anyaman tikar pandan ini juga memiliki kualitas yang sangatlah tinggi. Anyaman ini pun juga bisa kok untuk kalian buat seperti produk Tas, Dompet, Sandal serta berbagai macam benda lainnya. Selain daripada itu juga adanya hiasan tambahan berupa bros bunga dan juga sangatlah renda yang lucu semakin menambah cantiknya lagi kerajinan tangannya ini.

~ Mengenal Kerajinan Songkok Awing

Bermain-main ke daerah Gresik.

Sangkok Awing ini semacam Kopiah atau topi daerah yang tidak bisa kalian tinggalkan ketika kalian sedang berkunjung di daerah Gresik ini. mungkin kalian belum mengenal baik produk yang satu ini. memang secara Global belum terlalu terkenal, tetapidi beberapa wisatawan mancanegara sudah ada yang mengetahui mengenai keajinan tangan yang satu ini. dan nyatanya sudah Awing selaku pemilik Songkok ternama ini sudah menjual lebih dari 20.000 produk di perbulannya.

Umumnya juga, Songkok ini sendiri sudah di buat dengan menggunakan adanya kertas karton di bagian dalamnya. Namun, Songkok dari Awing yang berasal langsung dari Gresik yang telah menggunakan bahan kain yang kaki dan juga terbilang keras. Sehingga,nantinya bagi si pemakai tidaklah mudah untuk jatuh dan salah pada posisi pemakaiannya.

Selain daripada itu pun, Songkok ini memiliki bahan luar lainnya yang terkenal dengan bahan Beludru. Dikarenakan, penggunaan bahan yang sangatlah berbeda dari Songkok lainnya. Songkok Awing ini juga sudah lebih nyaman untuk bisa kalian gunakan nantinya.

Terlepas dari semuanya ini, Songkok Awing menjadi topi yang dilambangkan sebagai symbol pergerakan dari Ir. Soekarno. Jadi , coba yuk dari sekarang kalian kembangkan pengetahuan kalian mengenai produk kerajinan tangan dari Indonesia ini yah.