Mudahnya Membuat Anyaman Kertas dengan Berbagai Motif

halo semuanya balik lagi sama Mimin nih untuk memberikan informasi-informasi menarik seputar kerajinan tangan yang mudah sekali untuk kalian buat. nah kali ini Mimin akan membahas mengenai cara mudah dalam membuat anyaman kertas dengan berbagai macam motif yang menarik. Apa saja sih kira-kira langkah mudah untuk membuat anyaman dari kertas ini? Markiba alias mari kita bahas jauh lebih dalam lagi mengenai cara membuat anyaman dari bahan baku kertas.

 

sebelumnya kalian tahu nggak sih kalau nyaman itu merupakan sebuah kerajinan yang termasuk dari seni kriya tradisional dan berasalnya memang langsung dari Indonesia asli. seni kriya anyaman ini menjadi salah satu kerajinan yang memang murni dari dulu sudah dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Nah kita bisa menjumpai beberapa anyaman ini di berbagai daerah yang berada di Indonesia misalnya saja ada di Kepulauan Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Sumatera, pokoknya dari Sabang sampai Merauke yang masih bisa kalian temui beberapa anyaman-anyaman unik lainnya. Nah nyaman ternyata biasanya digunakan juga sebagai salah satu lomba kerajinan yang paling populer di beberapa daerah. hal ini memang diperuntukkan dalam mengasah kreativitas anak yang masih duduk di bangku sekolah yakni sekolah dasar ataupun sekolah menengah ke atas. jika berhasil maka bentuk dan hasil dari anyaman tersebut akan banyak digemari oleh beberapa pihak dan juga kalangan.

Mudah Membuat Anyaman

Anyaman atau disebutnya menganyam menjadi salah satu kegiatan menyilangkan sebuah bahan satu dengan bahan yang lainnya at least masih saling berkaitan satu sama lain. Umumnya bahan yang biasa digunakan dalam membuat anyaman itu terdiri dari: rotan, lidi, akar, pandan, kertas dan masih banyak yang lainnya.

dengan kalian menganyam maka kalian bisa membuat kerajinan tangan yang cukup menarik. Disini kalian bisa gunakan waktu luang kalian dalam membuat anyaman yang bagus. Dengan begitu, kalian bisa mempergunakan waktu tersebut sebaik-baik mungkin dan menjadi suatu hal yang bermanfaat yang tentunya bisa menghasilkan peluang juga lo dalam meraih keuntungan. ya siapa sangka kalau nantinya anyaman yang kalian buat bagus dan kalian promosikan bisa saja kan itu terjual dengan harga yang sesuai.

membuat sebuah anyaman juga tidak terlalu susah kok bahkan seseorang yang tidak pernah membuat sama sekali akan mudah membuat setelah mengetahui cara dan bahan-bahan yang diperlukan untuk menganyam. Jika kamu memiliki jiwa sebagai seorang seni atau pengrajin maka, kalian bisa menekuni hal tersebut dengan rajin mungkin. dengan rutinitas kalian menekuni kerajinan tersebut bisa saja kan karya yang dihasilkan ini banyak disukai oleh orang-orang di sekitar kalian. Ya yang seperti Mimin bilang barusan ketika sudah disukai banyak orang maka anyaman kalian akan memiliki nilai jual dan kalian bisa menghasilkan uang hanya dari membuat sebuah anyaman saja.

jika kalian masih anak sekolah ya minimal ini menambah uang saku jajan kalian kalah ya. Lagipula membuatnya juga tidak begitu rumit dan tidak memakan banyak waktu terkecuali, kalian memakai bahan dasarnya itu yang agak sulit seperti bambu untuk membuat anyaman bambu yang mana skillnya akan jauh lebih terasah dan lebih tertantang lagi.

Langkah-langkah dalam Membuat Anyaman Kertas

sebelum memulai untuk membuat anyaman kertas maka kalian membutuhkan beberapa alat serta bahan seperti: 2 lembar kertas asturo atau kertas yang berwarna-warni ( jika tidak ada maka kalian bisa memakai kertas lain seperti kertas manila ), lalu kalian membutuhkan gunting dan penggaris, cutter atau silet, pensil dengan lem kertas.

jika nanti alat dan bahannya sudah tersedia dengan lengkap maka kalian bisa langsung membuat anyaman yang kalian inginkan. berikut ini langkah-langkah muda adalah membuat anyaman seperti gambaran yang ada di bawah ini:

Anyaman Dari Kertas Merupakan Sebuah Kerajinan Tangan Khas Dari Indonesia - [DOCX Document]

  1. pertama kali kalian harus membuat sebuah pola pada lembaran kertas yang mana nantinya akan dijadikan sebuah anyaman. Mainkan pensil serta penggaris yang kalian miliki untuk membuatnya. Kalian garis aja lurus dan berilah jarak antara garis 1 sampai dengan 1,5 cm serta sisihkan jarak sekitar 2 cm pada tepi kertas. Dalam hal ini kalian juga bisa kok untuk mengatur jarak sesuai selera dan tergantung dengan kreativitas kalian.
  2. jika sudah maka kalian bisa memotong pola garis yang sudah kalian buat menggunakan cutter ataupun silet. Jika bisa gunakan penggaris lagi ya untuk membantu merapikan potongan kalian.
  3. jangan lupa kalian ambil kertas yang kedua lalu kalian bisa gunting memanjang dengan jarak yaitu 1 cm atau 1,5 CM saja. harus dipastikan ya jarak antara kertas yang pertama dengan yang kedua ini sama-sama tidak boleh ada yang berbeda.
  4. Jika sudah maka kalian bisa langsung menganyam kertas tersebut. nah untuk kalian yang baru pertama kali membuat anyaman ini maka kalian bisa membuat sebuah anyaman dengan pola yang sangat sederhana terlebih dahulu ya.
  5. untuk pola nyamannya masih sama kok kalian bisa melakukan dengan tumpang-tindih jika sudah di anyam semuanya maka kalian rapikan saja ujung-ujung Kertas yang tadi masih berantakan.
  6. Langkah terakhir yang bisa kalian gunakan adalah pakai lem perekat untuk merekatkan kembali kertas pada bagian tepi yang memang fungsinya agar anyaman ini tidak mudah terlepas. untuk membuat anyaman kalian jauh lebih menarik lagi maka bisa saja kalau menggunakan figura atau masukan atau juga bisa tempelkan anyaman tersebut kedalamnya dan panjang di tempat yang kalian suka deh.

Kurang lebihnya itu tadi langkah-langkah di mana kalian bisa membuat anyaman dengan bahan baku kertas. mengenai bagian lebar dan jarak sebenarnya sih itu salah satu hal yang relatif cuma, kami memberikan alternatif dengan ukuran yang telah kami sampaikan diatas tadi. sebenarnya cara yang diatas ini termasuk cara yang sangat sederhana dan kalian masih bisa kok dengan mudah untuk mengembangkannya sendiri menjadi hanya meninjau lebih kreasi. Misalnya kalian menggunakan tiga warna kertas sekaligus juga bisa kok. Dengan menganyam keterampilan kalian akan terus berkembang dan berjalan dengan sendirinya seiring sejauh mana kalian lebih sering membuat anyaman tersebut.

Saran Waktu Proses Pembuatan Anyaman

dalam hal ini kami akan memberikan beberapa saran juga yang tepat untuk kalian ketika ingin membuat anyaman. Sebelum benar-benar ingin membuat anyaman saran dari kami sih seperti:

– sebelum benar-benar bisa membuat anyaman maka kalian coba untuk membuat berbagai pola dengan motif anyaman yang menarik agar nantinya lebih mudah dalam proses pembuatannya.

– kedua kalian bisa memanfaatkan penggaris untuk menyisipkan adanya anyaman dengan sangat rapi saat proses pembuatannya tersebut.

– saran terakhir kalian tinggal mencari berbagai macam motif anyaman yang sekiranya menarik dari berbagai sumber yang ada. Bisa kalian mencari melalui internet, bisa juga membaca buku-buku kesenian atau dari beberapa sumber yang lainnya sehingga kalian bisa mencontoh beberapa Anyaman yang sangat bagus untuk menghiasi rumah kalian.

mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung melihat di artikel yang sudah tayang lebih dahulu pada situs cerita ihsan.com terima kasih sampai jumpa lagi.