3 Jenis Kerajinan Tangan Khas daerah Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara – dimana kawasan ini memang dikenal memiliki kekayaan dari bahan baku alamnya seperti hasil dari Laut dan juga Hutan yang benar-benar mampu mendukung produksi keberagaman kerajinan tangan khas daerah pedalaman. Untuk saat ini, Sumatera Utara tak hanya memiliki kekayaan alam saja. Namun dalam hal ini mereka juga kaya akan jenis-jenis dari tenun Songket – lalu Ulos – Seni Pahat dan beberapa kerajinan tangan lainnya yang begitu khas untuk dijadikan sebagai produk Unggulan ke mata mancanegara. 

Sumatera Utara juga layak dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia, sebab memiliki keberagaman atas suku dan kebudayaannya. Sumatera Utara juga kaya akan sajian kulinernya yang “ Ah Nikmat.. “ dibarengi oleh berbagai macam kain tenun dan ulosnya. Hasil daripada kerajinan tangan khas ini tak hanya terkenal dan diproduksi di Indonesia, namun sudah masuk ke ranah pasar Internasional. 

Khususnya untuk kerajinan dari Kain Songket atau ulos yang memang memiliki filosofi tersendiri atas daerahnya masing-masing. Sehingga keindahan maupun kreativitas bisa saja didapatkan dari setiap daerah, begitupun dengan adanya seni Pahatan – keindahan tenun – sampai dengan desain yang berbeda-beda tergantung akan filosofi dari dalam daerah itu sendiri. 

Menurut Ketua Dekranasda Sumatera Utara yang kami kutip dari Situs inacraft.co.id, dasarnya Provinsi Sumatera Utara memiliki kekayaan atas kerajinan dan juga produk kreatif yang memang pantas untuk bisa dibanggakan. Nah salah satu contohnya seperti yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan keunggulan dari Sulam Emasnya – lalu daerah Tapanuli Utara dengan Tenun Ulos dan Songketnya. Begitupun dengan daerah lainnya yang memiliki keunggulan atas kreatif dari daerahnya masing-masing. 

  1. Kerajinan Ulos dan Songket Sipirok 

Salah satu seni dan juga budaya yang begitu populer di Sumatera Utara perihal dari kerajinan tangannya. Seninya sendiri mampu menghasilkan beberapa jenis benda atau perlengkapan tradisional yang memang khas dari Sumatera Utara atas beberapa pengrajin. Bahkan beberapa diantaranya menjadi kerajinan tangan yang digunakan untuk berbagai pergelaran adat daerah Sumatera Utara. Apa itu ? nah yang paling terkenal kebetulan sekali Kain Ulos. 

Ulos masuk sebagai seni kerajinan tangan yang populer sekali di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini disebabkan sesuai dari fungsinya kain tenun yang tak hanya digunakan sebagai penghias pakaian saja pada pagelaran adat saja, namun digunakan sebagai simbolisasi masyarakat Batak dan bisa menjalankan berbagai upacara, pergelaran hingga adanya tradisi adat yang ada di daerah Sumatera Utara. Jika kalian melihat pergelaran adat Batak, maka otomatis kalian akan sering menjumpai orang-orang yang menggunakan kerajinan Ulos. baik langsung pada pergelaran yang ada di dalam Sumatera Utara maupun di luar Sumatera. 

Nyatanya selain Kain Ulos, ada juga kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Utara bernama Songket Sipirok. Dimana ini masuk ke dalam kerajinan tangan kain tenun sejenis Songket yang bisa digunakan untuk berbagai acara seperti halnya acara resmi maupun pada acara adat dari Sumatera Utara. Kain Songket ini memang berasal dari Tapanuli Selatan tepat di daerah Sipirok. Sehingga ketika kalian mengunjungi daerah Tapanuli Selatan, maka kalian akan melihat beberapa toko yang sudah menjual kain Songket Sipirok tersebut. Tepatnya ada pada beberapa pasar Tradisional di Tapanuli Selatan 

Kain Songket Sipirok ini memiliki berbagai warna dan motif sebagai penghiasnya, bahkan dari beberapa diantaranya adalah motif yang tergolong sangat rumit dalam proses pembuatannya. Sehingga harga untuk satu Songket Sipirok ini dikatakan jauh lebih mahal dibanding dengan Kain Tenun Ulos yang notabennya sama-sama berasal dari Sumatera Utara. 

  1. Kerajinan Batik Batak 

Batik daerah Sumatera Utara banyak yang mengatakan sebagai Batik Batak. Ini menjadi sebuah kerajinan atas kreasi yang berupa motif-motif atas dasar etnis yang berada di dalam Sumatera Utara. Batik hasil dari teknik pendekorasian kain ini menjadi sebuah produk seni rupa asal Indonesia pada penggunaan teknik (1) Pewarnaan Rintang dan (2) Menggunakan bantuan lilin batik sebagai bahan untuk perintangnya. Dengan begini, kerajinan Batik Batak bisa dikatakan sebagai salah satu produk kerajinan yang mana menjadikan aset budaya yang perlu sekali dilestarikan keberadaannya. 

Nah untuk bisa mencapai tujuan ini, maka dilakukannya sebuah perancangan desain batik dengan penggunaan dari Unsur-Unsur keragaman Hias Sumatera Utara sebagai salah satu aspek dari Desainnya. Ragam Hias daerah Sumatera Utara ini sangat amat Variatif dikarenakan berasal langsung dari berbagai suku bangsa. Dengan adanya kondisi Pluralis tersebut mampu dikembangkan desain dengan memenuhi atas tuntutan konsumen melalui Stilir Motif. Penciptaan dari Motif Baru dengan cara mengambil bentuk dari alam langsung seperti halnya manusia dan juga Flora Fauna. Lalu penciptaan motif baru dengan cara mengembangkan langsung motif-motif yang sudah pernah ada menjadi motif terbaru. 

Pemanfaatan dari ragam Hias Etnik daerah Sumatera Utara ini layak sekali untuk bisa diproduksi menjadi produk batik yang menarik sehingga bisa menambah khasanah dari Batik Indonesia. Apabila bisa diaplikasikan sebagai produk selain untuk pelestariannya, ternyata juga untuk bisa memantapkan identitas daerah yang akan memantapkan identitas daerah untuk mewujudkan langsung lahan dari peningkatan SDM dan terbentuknya Wirausaha baru dalam bidang Batik. 

  1. Kerajinan Gorga Batak Toba 

Selanjutnya kerajinan tangan asal Sumatera lainnya adalah Gorga Batak Toba. dimana ini menjadi salah satu kerajinan khas dari kebudayaan Batak Toba yang sudah cukup tua sekali. Karya ini sendiri sudah menjadi bagian atas karya seni rupa seperti seni ukir Tradisional dengan penggunaan 3 warna khas yang dibuat secara alami. 

Gorga Batak Toba sudah banyak digunakan dalam menghias dinding bangunan rumah adat suku yang disebutnya sebagai Rumah Bolon atau Rumah Adat. Dengan melalui berbagai jenisnya, coraknya sendiri ada sesuatu di dalamnya yang ingin sekali disampaikan oleh mereka selaku pembuatnya. Seni rupa yang sesungguhnya memang tak hanya bersifat Lahiriah, namun harus batiniah juga. Yang mana orang diajak untuk masuk ke dalam dunia batin melalui indera rasa. 

Dan pada saat sudah menikmati suatu karya seni, Indera Mata mampu menangkap komposisi yang berupa Warna – lalu Garis dan juga Struktur atas karya seni tersebut. Dengan komposisi ini, maka manusia bisa mengkomunikasikan isi hatinya yakni atas Impian – Khayalan dan Imajinasinya kepada orang lain. Gorga Batak Toba ini juga masuk ke dalam seni rupa dengan memiliki komposisi Warna – Garis – Struktur hingga terdapat Visi atas kepekaan tertentu yang hendak diungkapkan melalui penggunaan bentuk dan warna. Mengenai warna dasarnya dari Gorga Batak Toba ini adalah Merah atau “ Narara… “ warna Hitam atau “ Nabirong..” Warna Putih atau “ Nabontar..” yang aman disebut sebagai Tolu Bolit atau B-E-L-I-T. 

Jadi jika kalian sedang berada di Sumatera Utara, maka jangan lupa nih  untuk membeli satu diantara jenis kerajinan tangan khas dari daerah sana sebagai buah tangan atau penanda kalian juga pernah mengunjungi Sumatera Utara. Semoga artikel yang tayang ini dapat membantu kalian menemukan pemahaman luas akan kerajinan tangan dari kawasan Sumatera ternyata juga Istimewa sekali.