Membuat Kerajinan Tangan Menggunakan Kain

Gimana teman-teman dan Bunda-bunda di rumah udah pada praktek tutorial membuat kerajinan kain flanel 1 belum? Yang belum praktek, praktekin ya, gampang lho.
Nah sekarang saya pengen bagi-bagi ilmu lagi, masih memakai material kain flanel kok, jadi yang kemarin masih punya sisa-sia kain flanel bisa dimanfaatkan yaa.

Di tutorial membuat kerajinan kain flanel 2 ini saya akan mengajak bunda dan teman-teman semua untuk membuat bunga juga.

 

Alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat kerajinan kain flanel 2 ini sederhana banget :

1. Kain flanel, warna bebas (saya pakai dua warna untuk membuat layer)

2. Lem tembak

3. Gunting

4. Kancing warna-warni

5. Peniti bros

 

Kalau semua alat dan bahan udah siap, kita mulai bikin kerajinan tangannya..

Cara membuat:

1. Potong kain flanel memanjang (lihat gambar di atas), ukuran bebas ya tergantung pengen bikin bunga gede apa kecil, monggo di sesuaikan 🙂

2. Potong kain flanel membentuk lingkaran (ini akan kita pakai sebagai dasar tempat Sbobet situs judi bola online dan menyatukan bunganya)

3. Tempelkan salah satu ujung kain flanel yg telah di potong memanjang di bagian tengah lingkaran (lihat gambar)

4. Buat loop (lipat kain flanel sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian rekatkan dengan lem)

5. Potong kain flanel sisanya

6. Lakukan lagi langkah 3 dan 4 sampai memenuhi keliling lingkaran (lihat gambar)

7. Ambil kain flanel dengan warna berbeda yang telah kita potong memanjang tadi, lalu lakukan langkah 3 dan 4 (tempet di bagian atas an susun di sela-sela bunga yang bawah ya biar cantik)

8. Pasang kancing warna-warni di bagian tengah bunga sebagai hiasan

9. Pasang peniti bros di bagian belakang

10.Daaan jadilah bunga cantik kita

 

Membuat Kerajinan Kain Flanel 1

Kali ini saya akan mengajak untuk membuat kerajinan kain flanel bagian pertama. Di bagian pertama ini kita akan buat bunga sederhana. Caranya gampang banget, kita mulai aja yuuuk siapin bahan-bahannya dulu.

alat dan bahan yang kita butuhkan adalah:

1. Kain flanel atau kain felt (kalo bisa warna-warni yaa biar bisa bikin bunga aneka warna.
2. jarum jahit (ati-ati jauhkan dari jangkauan anak-anak.
3. Benang jahit (sesuaikan dengan warna kain flanelnya agar tidak terlihat.
4. Manik-manik, atau kancing warna-warni (ini akan kita pakai untuk bagian tengah bunga)
5. Lem tembak
6. Peniti bros
7. Gunting

 

Pertama: Potong kain flanel menjadi bentuk. Kedua: Jahit jelujur bagian bawahnya dari ujung ke ujung, setelah itu tarik hingga membentuk bunga. Ketiga: satukan bagian ujung yang satu ke ujung yang lain, jahit kuat-kuat sambil dirapikan. Keempat: potong kain flanel membentuk lingkaran kecil (untuk menutup bagian bawah bunga). Kelima: pasang manik-manik atau kancing hias ke bagian tengah bunga menggunakan lem tembak. Keenam: tempelkan kain flanel berbentuk lingkaran (point keempat) di bagian bawah bunga.