Produk Kerajinan Tangan Unik Khas Indonesia Punya !

Jika berbicara produk kerajinan tangan pasti tidak habis-habisnya deh ! terlebih lagi yang berasal dari Indonesia, dimana dari Ujung Sabang sampai Merauke pun kalian bisa menemukan berbagai macam kreasi tangan yang dibuat oleh penduduk sekitar yang ada di dalam wilayah tersebut. Namun dari lamanya kalian sudah tinggal di Indonesia, apakah kalian sudah mengenal baik berbagai produk lokal yang ada ? sebab kebanyakan orang justru lebih paham brand luar layaknya : LV – Hermes – Gucci – Rolex dan berbagai produk luar lainnya. Padahal produk kerajinan tangan lokal yang berasal dari Indonesia seperti halnya dalam pernak Pernik / Aksesoris / Perhiasan juga sudah pernah menjadi produk lokal yang sangat laku d jual di negara Perancis lho ! 

Jika kalian mengaku sebagai warga Lokal, pasti kalian tak ingin dong kalah untuk bisa mengenal berbagai macam mpo slot kultur atas indonesia melalui beberapa produk yang ada di setiap daerahnya ? jika memang benar itu adanya, maka kami akan mengajak kalian untuk Scroll ke bawah, agar nantinya bisa melihat beberapa rekomendasi yang kami berikan untuk kalian mengenai produk khas lokal yang mana adalah kerajinan tangan unik khas Indonesia. Sekiranya ketika kalian sedang traveling ke daerah tersebut, tidak kudet-kudet ( kurang update ) banget tentang kehadiran dari kerajinan tangan tersebut. 

Pulau Dewata Menawarkan Produk Kerajinan Perak Celuk

Untuk kalian yang sering bolak balik ke Bali, kira-kira sudah pernah mencoba membeli oleh -oleh ini ? atau sekiranya udah pernah tahu akan keberadaan dari kerajinan tangan yang satu ini ? jadi Bali sendiri memang sudah masuk sebagai kota yang begitu populer bagi kalangan turis lokal maupun mancanegara, namun yang diketahui oleh mereka pasti rata-rata tentang Pie Susunya yang enak dan Kaos Barong yang mampu dijadikan buah tangan untuk ke negara asal dari turis mancanegara tersebut maupun turis lokal ke daerahnya masing-masing. 

Jika kalian belum tahu mengenai Perak Celuk ini, maka kami berikan gambaran sedikit ya. Kerajinan Perak Celuk ini masuk ke dalam salah satu produk Logam khas dari daerah Bali yang sangat amat terkenal semestinya di kalangan para wisatawan. Mungkin kalian banyak yang belum pernah melihat, namun pernah mendengarnya ? produk kerajinan tangan dari Perak Celuk ini bisa saja berbentuk : Anting – Kalung – Bros – Gelang – Cincin – dan berbagai aksesoris lainnya. Hal yang membuat Perak Celuk bali ini sangat laku di kalangan para wisatawannya adalah bentuk dan motifnya yang memang sangat unik. 

Daerah Istimewa Yogyakarta Terdapat Kerajinan Tangan Tas Rajut Dowa 

Yogyakarta selain terkenal dengan Wedang Ronde yang istimewa rasanya – batiknya yang menumpuk di sepanjang jalan Malioboro – dan Bakpia nya, ternyata juga memproduksi kerajinan berupa Tas Rajut. Dimana untuk tas rajut yang namanya sudah bersinar di Yogyakarta adalah Tas Rajut Dowa. 

Ada yang belum pernah tahu kehadiran dari Tas Rajut Dowa ? kami beritahu sekarang juga ! untuk Tas Rajut Dowa sendiri sudah hadir pada tahun 1989 di Yogyakarta oleh pelopornya adalah Delia Murwihartini, yang awalnya memang hanya ingin mencoba untuk merajut sesuatu saja. Dikarenakan produk ini memang dibuatnya dengan cara manual atau produk Handmade, maak ras rajutnya hanya bisa dihasilkan per minggu dan tidak terlalu banyak. 

Faktor inilah yang menjadikan harga dari Tas Rajut Dowa jauh cukup tinggi dari tas handmade lainnya. Kalian bisa membeli harga Tas Rajut Dowa dengan senilai Rp. 200.000 per 1 pcsnya ( harga bisa berubah sewaktu-waktu ya ). Produk ini juga sudah mulai terkenal di kalangan turis luar negeri. Dimana kala itu ada turis asal Swedia yang membeli 100 tas Rajut untuk bisa dibawa pulang ke negaranya tersebut. 

Tas Rajut Dowa memang menarik banyak sekali perhatian dikarenakan kualitas atas bahan kain yang telah digunakan. Tas ini juga bisa menampung barang-barang yang cukup berat. Nah untuk kalian yang memiliki niat untuk bisa berlibur ke Yogyakarta, maka jangan pernah lupa untuk mampir ke toko merk Dowa hanya untuk bisa melihat tas rajutnya yang begitu Fashionable sekali. 

Kerajinan Songkok Awing, Gresik Punya ! 

Teruntuk kalian yang senang sekali mengoleksi topi-topi khas dari daerah manapun itu, maka kalian tidak boleh untuk melewatkan dalam mengoleksi topi yang satu ini “ Songkok Awing “. Secara Global mungkin saja belum begitu familiar nama yang satu ini, namun Songkok Awing sudah mampu menjual lebih dari 20.000 produk dalam perbulannya. 

Songkok Awing, sumber dari Blibli

Nah pada umumnya, SOngkok ini dibuat dengan cara menggunakan kertas karton di bagian dalamnya. Namun disini Songkok Awing yang berasal dari Kota Gresik, menggunakan bahan kain yang kaku dan terbilang keras. Sehingga ketika kalian sedang memakainya tidak akan mudah jatuh atau salah pada posisinya.

Selain itu untuk bahan luarnya sendiri menggunakan Beludru. Dikarenakan bahan yang digunakan memang berbeda lagi dengan Songkok Lainnya, yang mana Songkok Awing juga sudah menjadi jauh lebih nyaman lagi. Terlepas atas merek yang ada, Songkok memang sudah menjadi topi untuk digambarkan oleh lambang atas pergerakan Presiden Ir. Soekarno. Maka dari itu, ketika menggunakan Songkok , maka kalian secara tidak langsung turut bersemangat atas adanya legasi Founding Fathernya Indonesia ! 

Tikar Pandan adalah Anyaman di Pulau Bawean 

Pulau Bawean ini ada di Jawa Timur, dan ketika sedang bermain di sana kalian tidak boleh lupa untuk membeli produk khas kerajinan tangan yang satu ini. Yakni : Anyaman Tikar Pandan. Nah Popularitas atas tikar Anyaman pandan ini sedang menurun di kalangan warga Lokal, namun ini juga terlepas dari lakunya di kalangan Wisatawan Baik itu Lokal maupun Mancanegara. Proses dari pembuatan Anyaman ini juga tidak akan mudah dan bisa membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Walau memang dibuat secara manual, maka Anyaman Tikar Pandan ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. 

Anyaman tikar pandan ini bisa dibuat menjadi beberapa produk lainnya seperti pada produk Tas – Dompet – Sandal dan masih banyak lagi yang lainnya. Hiasan tambahannya berupa bros bunga dan juga redna yang lucu semakin menambah adanya kecantikan atas kerajinan tersebut. Mungkin karena memang waktu produk ni lama atau karena Ekspornya yang terhambat. Inilah yang menjadi salah satu produk tradisional untuk berpotensi terancam punah. Yuk sebagai warga Indonesia, bantu angkat kembali produk lokal yang dimiliki di Indonesia. 

Bermain di Semarang untuk Melihat Kerajinan Batik Semarangan 

Untuk popularitas produk Batik ini memang sudah sangat amat meningkat. Dan disini banyak orang yang sudah menggunakan baju batik dalam menghadiri acara apapun itu, dari jalan-jalan casual hingga acara formal. Salah satu hal yang memang paling unik mengenai Batik dan ini menjadi perbedaan motifnya yang sesuai atas khas kepada daerah asalnya. Batik untuk pertama kali di buat di Kampung Batik – Semarang oleh sebuah perusahaan bernama Batikkerij Tan Kong Tin. 

Walau memang motif Batiknya Bervariatiif, maka ada beberapa jenis batik yang tetap saja terkesan jauh lebih unik dari motif-motif batik lainnya. Dan salah satunya adalah Batik Semarangan. Dimana Batik ini berasal dari Kota Semarang yang mana memiliki ciri khas tersendiri dari seni Coraknya. Dan umumnya kalian bisa menemukan corak pohon asam – lalu Lawang Sewu atau Tugu Muda. Batik Khas Semarang sebenarnya memang menjadi campuran dari Motif Batik Jogja dan juga Motif Pesisir. 

Wah ini ternyata cukup banyak sudah ya produk khas Indonesia yang mana khas Negeri yang belum saja dikenal oleh Khalayak Umum. dan untuk kalian yang memang penasaran terhadap produk-produk ini, maka kalian bisa langsung mencarinya di daerah asal mereka atau sesekali searching di Toko Online, seperti sudah banyak yang menjualnya.