Kenali Kerajinan Tangan Dari Fungsinya

Pada artikel sebelumnya kalian sudah mengetahui mengenai adanya beberapa contoh dari adanya kerajinan tangan orang-orang Indonesia. Saat ini, yang kalian harus ketahui mengenai fungsi dari kerajinan tangan itu sendiri dan beberapa hal mendasar yang mendukung kerajinan tangan ini bisa berkembang cepat dengan sendirinya. Dari sini ada beberapa kerajinan yang memang memiliki adanya fungsi hias dengan berbagai macam keistimewaannya masing-masing.

Kerajinan tangan ini nantinya bisa menghasilkan adanya benda dengan memenuhi adanya nilai tertentu dari barang yang di buatnya tersebut. Biasanya memang kerajinan yang di buatan akan melihat adanya dasar dari nilai penghias atau keindahannya.

Kerajinan ini juga biasanya di buat dengan adanya bantuan bahan serta teknik yang sangatlah beragam sekali. Dan dari beberapa kerajinan itu yang biasa kalian temui adalah ukiran, patung, lukisan, miniature dan berbagai benda lainnya lagi.

Kenali Kerajinan Dari Fungsi Hiasnya

Dilihat dari dasarnya sendiri memilik 2 fungsi yang berbeda yakni ; fungsi untuk di gunakan dan fungsi untuk hias. Kalau mengenai fungsi dari kegunaan atau fungsi dari pakaian ini sendiri sudah sangat amat mengutamakan adanya kegunaan dari benda yang nantinya bisa dihasilkan tersebut. Jangan lupa juga, memiliki sebuah nilai estetika sebagai salah satu tambahan yang begitu menarik.

Untuk fungsi kerajinan hias ini sendiri lebih mengedapankan atau lebih mengutamakan sekali mengenai keindahan tanpa harus memperhatikan fungsi dari pemakaian barang-barang tersebut. Kerajinan dari fungsi hias ini sendiri memanglah di buat dengan semata-mata menjadi hiasan pada suatu benda ataupun pajangan yang nantinya akan di taruh di sebuah ruangan dengan memperhatikan adanya nilai estetika itu sendiri.

Nah, nilai estetika ini sendiri dalam fungsi hias sebagai bentuk , warna ragam hias yang ad sampai pada takaran atau komposisi di dalamnya. Dimana, semuanya di padu padankan menjadi sebuah produk hiasan yang terbuat dari 2 Dimensi ataupun juga pada 3 Dimensi.

Kerainan dari fungsi hia ini juga bisa nantinya untuk kalian modifikasi dengan sedemikian rupa agar nantinya bisa menciptakan nilai lebih daripada benda tersebut. Modifikasinya sendiri memang akan mengubah , menambah, menyederhanakan sebuah bentuk, memadu madankan adanya aneka bahan, mengatur semua komposisi warna, serta bisa menciptakan adanya karya baru yang nantinya bisa berbeda dari benda asalnya.

Bahan Pada Kerajinan Fungsi Hias

# Bahan-Bahan Alaminya

Untuk pertama kalian bisa tahu mengenai bahan alami yang menjadi bahan yang mudah kalian temui di alam luas, di daratan, di bawah tanah, atau juga di bawah laut. Bahan alam yang dimaksudkan ialah produk kerajinan yang diantaranya tanah liat, ada juga serat, bamboo, kayu, batu, kulit , ada juga logam ataupun menggunakan adanya kerang

Keunikan dari bahan alami ini juga secara langsung memiliki sebuah tekstur yang sudah halus dan juga elastis. Mengenai serat batang pisang, juga memiliki adnya tekstur kasar dan berwarna cokelat yang bergradasi. Kayunya ini memiliki sifat yang keras dan juga pastinya memiliki adanya warna.

Untuk bamboo rotan, sudah pasti adanya kelenturan dan juga kuat. Untuk kulit memberikan sebuah tekstur pada permukaannya yang memang sudah menarik dengan menampilkan ada berbagai macam aneka warna yang sangatlah indah. Contoh simple adalah : Patung yang dipahat dengan penggunaan batu alam.

# Bahan-Bahan Buatan

Untuk bahan buatan ini sendiri menjadi bahan yang sudah diolah langsung oleh manusia dengan menggunakan adanya bahan kimia dan juga beberapa campuran yang lainnya. Paduan ini sendiri menjadi bahan yang merupakan bentukan aplikasi dari bahan alami itu sendiri.

Nah, bahan dari buatan ini juga biasa untuk di gunakan sebagai bahan kerajinan fungsi hias diantara lainnya seperti halnya lilin, ada juga gips, sabun, ataupun adanya fiberglass. Keunikan yang memang di miliki oleh bahan buatan ini memiliki sebuah tekstur yang mudah sekali di bentuk dengan lembut. Misalnya saja dengan kerajinan patung dari gips atau juga lilin.

# Bahan-Bahan Dari Limbah

Selanjutnya, ada banyak sekali nih fungsi hias kerajinannya itu bisa terbuat dari bahan limbah. Dan bahan limbah ini sendiri sudah di bagi menjadi 2 jenis yakni organic dan juga anorganik. Mengenai limbah organic ini menjadi adanya limbah yang sangatlah mudah untuk bisa kalian uraikan. Misalnya nih kulit jagung, ada juga kertas ataupun kardus, jerami, sisik ikan, cangkang kerang ada pun yang berasal dari tempurung kelapa.

Sedangkan untuk bahan yang anorganik sendiri menjadi limbah yang sangat sulit ataupun bisa membusuk misalnya karet ban, plastic, kaleng, steorofoam, kaca serta logam dan tidak ketinggalan adanya pecahan keramik. Untuk contohnya sendiri bisa kalian lihat pada lukisan yang terbuat langsung dari sisik ikan, ataupun terdapat adanya bunga dari kulit jagung yang ada.

Unsur-Unsur Yang Terdapat Pada Kerajinan Fungsi Hias Tersebut

Nah, didalam kerajinan fungsi hias ini pun adanya keunikan bahan tersendiri yang sudah terdapat beberapa unsur penting yang memang membuat kerajinan fungsi hias yang memang sudah memiliki nilai jual dan juga seni. Dan dari semuanya itu terdapat unsur-unsur seperti :

# Unsur Keterampilan Tangan

Untuk unsur yang pertama ini adalah kalian menciptakan sebuah kerajinan fungsi hias yang memanglah memiliki sebuah nilai seni yang memanglah bisa untuk di perlukan adanya keterampilan tangan yang baik. nah, keterampilan ini sendiri sudah meliputi adanya perangkaian dan juga menyusun bahan-bahan kerajinan untuk bisa menjadi benda yang memanglah memiliki sebuah keterampilan dalam merangkai dan juga menyusun adanya bahan-bahan kerajinan yang menjadikan benda ini memiliki fungsi hias.

# Unsur Pada Seni Hiasnya

Untuk unsur kedua, sudah bisa masuk pada unsur hiasnya. Disini ada yang namanya Unsur Hias yang sudah dibuat dengan berbagai macam teknik seperti halnya ada Lukis, ada ukir, ataupun juga adanya cetak. Disini ada 2 jenis cara yang memanglah memiliki adanya penerapan unsur hiasan pada produk dari kerajinan yang pasti. Untuk unsur hiasan ini memakai hal pertama dengan adanya hiasan kepada permukaan produk yakni hiasan yang sudah di buat setelah adanya produk kerajinan yang nantinya selesai untuk di buat.

Lalu adanya hal yang kedua dimana ini menjadi fungsi hiasan yang sudah terstruktur dengan memiliki adanya bentuk sejak awal dari kerajinan yang di buat langsung hingga sampainya menyatu pada produk itu sendiri.

# Unsur Yang Melihat Estetikanya

Lalu yang terakhirnya bisa kalian ketahui bahwasannya Estetika didalam kerajinan fungsi hias ini sendiri bisa dilihat dari segala segi bentuk, warna dengan ragam hiasnya, dan juga pastinya tambah pad komposisinya. Pada produk kerajinan ini sendiri juga sudah di bentuk pada proporsi, komposisi, keseimbangannya serta kesatuannya yang dibantu dengan irama dari unsru ini sendiri. Kalian juga bisa kok memberikan pusat perhatian sehingga nantinya bisa untuk di hasilkan produk kerajinan yang sangatlah harmonis. Terdapat sebuah unsur estetika pada sebuah karya kerajinan yang bisa meningkatkan sebuah nilai pada produk kerajinannya tersebut.